.

Saturday, February 20, 2010

Asal Usul Dan Sejarah Penyakit Sifilis

. Saturday, February 20, 2010

Sifilis Klinis

Pernahkah kalia mendengar tentang penyakit sifilis? Jika belum,sifilis adalah penyakitiinfeksi seksual yang menular. Penyakit ini berasal dari  virus Treponema Palidum, suatu kuman yang berbentuk sprial dan dapat bergerak dengan sangat lincah. Dan biasanya penyakit ini terjangkit sasat kita berhubungan intim baik melalui vaginal,anal,maupun oral. Buat ibu  mengandung,ini adalah hal yang bahaya karena bisa menurun kepada sang janin.
Asal Usul Penyakit Sifilis


Terdapat banyak pendapat dan spekulasi tentang asal usul penyakit sifilis ini. Tetapi hanya ada dua teori utama yang menjelaskan asal-usul penyakit ini. Teori teori itu adalah:
1.    Columbian atau New World Theory
Sesuai dengan teori ini, penyakit ini belum dikenal di Eropa sebelum tahun 1942. Pada tahun ini Christopher Colombus melakukan suatu pelayaran bersejarah dengan melintasi lautan Atlantik. Para pelautnya dikatakan telah dijangkiti penyakit sifilis oleh wanita-wanita setempat di pulau Hispaniola di Hindia Barat. Pada pelayaran kembali ke Eropa penyakit ini terus berkembang dengan gejala-gejala berupa bercak-bercak berwarna tembaga pada setiap penderita yang disebut sebagai Indian Measles. Sesudah tahun 1943 timbulah epidemi penyakit ini di seluruh Eropa.

2. Unitarian atau African Theory
Menurut teori ini, penyakit ini sudah ada sejak berabad-abad sebelumnya. Penaykit ini kemudian menyebar dengan adanya perpindahan penduduk dan perdagangan budak kenegaraan Amerika.

Dengan adanya perbedaan udara di Afrika yang panas dengan negara-negara Amerika yang berhawa dingin, maka kuman-kuman penyakit sifilis lalu menyesuaikan diri dengan perpindahan ke bagian badan yang panas yaitu di sekitar alat genital (kemaluan). Dan akibatnya penyakit ini lalu menjadi penyakit yang ditularkan melalui hubungan kelamin.
Loh kok Mengapa di sebut sifilis?
awalnya di ambil dari nama sebuah sajak berjudul ‘sifilis’ dikarang tahun 1530 dengan pengarangnya/penciptanya fracastoro. Sajaknya itu berisi tentang sebuah babi bernama sifilis dan mendapat suatu amarah dari dewa apollo. Ia juga merupakan seorang verona di Italia dan ia juga bekerja sebagai dokter. Dan karena marah dewa apollo,babi tersebut mendapatkan sebuah hukuman  dengan tanda tanda yang sama seperti di lukiskan dalam sajak dan serupa juga dengan penyakit yang saat itu sedang dilanda bangsa italia.akibat tersebar luasnya berita tersebut,maka sebagian orang menyebutnya dengan sebutan sifilis dan pada akhirnya penyakit ini dikenal sebagai penyakit sifilis.
Cara mengatasi sifilis?
Mudah saja,yang penting jangan melakukan seks di luar nikah. Penggunaan kondom hanya dapat mencegah tapi tidak menutup kemungkinan penularan penyakit ini. Bagi ibu hamil yang terjangkit,segera periksakan kandungan ke dokter agar dapat penanganan lebih dini. Dan evaluasi lah pasangan anda.

Ok Sekian dulu football news|berita bola hari ini Salam Bola Lover! Go Sepak Bola !


Leave me a Comment.....no spam ,sara,and komentar aneh ntar om google marah.haha...ads space






Bola

Bola Lover
  • Digg
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Google
  • StumbleUpon
  • Technorati
  • TwitThis

1 comments:

megi said...

pertamaxxx :)
ngeri jg yah penyakitnya, btw thanks infonya

 
{Bola Lover} is proudly powered by Blogger.com | Template by Agus Ramadhani | o-om.com
  • Data Blog Ini !
  • Negeriads.com solusi berpromosi